Ayo Bersihkan Jam Stainless Steel Anda!

Jangan lupa bersihkan jam stainless steel anda! Bersihkan jam stainless steel gak ribet kok!

Salah satu aksesoris yang paling sering digunakan oleh orang sebagai fashion statement adalah jam tangan. Jam tangan biasa terbuat dari stainless steel untuk menghindari karatan dan membuat jam lebih tahan lama. Selain tahan lama, stainless steel juga terlihat lebih elegan dan memberi kesan professional sehingga jam stainless steel sangat cocok untuk digunakan dalam menghadiri acara-acara formal. Meskipun stainless steel tidak mudah berkarat dan sangat tahan lama, pengguna tetap harus melakukan perawatan agar jam tangan tetap bagus dilihat. Berikut cara merawat jam tangan stainless steel:

 

  1. Lap jam tangan setiap selesai digunakan

Penggunaan jam tangan sehari-hari dapat menyebabkan adanya noda maupun keringat yang menempel pada jam tangan, khususnya di bagian strap. Biasakan untuk membersihkan jam tangan ketika selesai digunakan dengan menggunakan kain lembut seperti microfiber. Kain microfiber terbuat dari serat-serat halus yang dapat mengangkat kotoran dan minyak dari permukaan jam tangan. Gunakan kain tersebut untuk membersihkan seluruh bagian jam tangan, termasuk bagian belakang jam tangan.

2. Bersihkan jam tangan minimal sebulan sekali

Untuk merawat jam tangan dengan lebih baik, usahakan untuk membersihkan minimal sekali setiap bulan. Untuk memebersihkan, pengguna bisa menyiapkan mangkuk atau baskom kecil yang diisi dengan air hangat dan ditambahkan setetes sabun cuci piring. Cairan tersebut digunakan untuk mencelup sikat kecil sebelum menyikat sela-sela rantai strap agar dapat mengeluarkan kotoran secara menyeluruh. Gunakan sikat gigi yang baru/tidak terpakai untuk membersihkan jam. Jangan mencelup bagian casing dari jam tangan apabila jam tangan memiliki water resistant dibawah 5 ATM.

3. Hindari dari parfum, body lotion, dan cairan sejenisnya

Cairan dari body lotion dan parfum memiliki zat kimia yang dapat bereaksi dengan permukaan stainless steel sehingga membuat jam tangan menjadi kuning dan kusam. Apabila harus menggunakan body lotion, pengguna dapat memakai lotion minimal 30 menit sebelum menggunakan jam tangan.

4. Simpan jam tangan di dalam kotaknya

Kotak penyimpanan jam tangan biasanya memiliki kantong silica gel yang berguna untuk menyerap air dan membuat tempat penyimpanan jam tangan tidak lembab. Selain itu, kotak jam tangan biasanya memiliki dudukan yang dapat digunakan untuk menyimpan jam tangan dalam posisi yang benar. Usahakan untuk selalu menyimpan jam tangan dengan posisi yang benar untuk mengurangi resiko lecet. Selali belanja jam tangan dari distributor resmi seperti Startime untuk mendapatkan kotak jam resmi agar dapat menyimpan jam tangan dengan baik.

Baca juga: 4 TIPS MEMILIH JAM TANGAN UNTUK PRIA

5. Jauhkan jam dari perangkat elektronik

Perangkat elektronik memiliki medan magnet yang dapat merubah komponen jam tangan sehingga tidak tepat. Jam chronograph juga memiliki 3 komponen penunjuk waktu lainnya seperti hari dan tanggal sehingga akan lebih sensitif terhadap medan magnet. Contoh jam tersebut adalah Bonia Premium BP10374-1732C , chronograph stainless steel berwarna ALL BLACK yang cocok untuk digunakan di acara apapun.

6. Poles jam tangan setiap bulan

Untuk menjaga kilau dari stainless steel, pengguna dapat menyemprotkan cairan pembersih khusus stainless steel untuk membuat jam tangan berkilau seperti baru. Semportkan cairan ke jam tangan dan gunakan kain microfiber untuk mengelap bagian-bagian stainless steel. Alternatif lain untuk cairan pembersih stainless steel adalah cairan pembersih kaca. Gunakan juga sikat halus untuk menjangkau sela-sela rantai. Apabila sudah dibersihkan, jam tangan pengguna pasti akan terlihat mengkilap seperti jam Esprit ES1L060M0055 ini.

Berikut adalah 6 langkah untuk membersihkan jam tangan Stainless Steel. Selamat mencoba!

X